Senin, 02 Januari 2012

Perbedaan EDVO rev.O, rev.A, dan HSDPA, pada Koneksi Internet

waktu saya akan membeli modem usb, saya mencari beberapa refensi di internet. diantaranya tuk cari merk modem yang murah n kenceng sinyalnya. nah ternyata di internet banyak kata-kata yang berkaitan dengan modem yang saya cari yang saya kurang mengerti, seperti GSM dengan HSDPA, UMTS atau modem dengan EDVO rev O, ataw EDVO rev A ( maklum orang desa cari modem yang bingung.. he.he)...
Selidik punya selidik setelah mencari dari blog n situs punya orang-orang yang udah pinter saya mendapatkan hasil seperti ini :

  Setidaknya, ada empat tahapan penting dalam perkembangan teknologi tersebut. Yaitu CDMA2000-1x, EV-DO Revision 0 (bacanya zero ya bukan “o”), EV-DO Revision A (Rev A), serta yang paling mutakhir adalah EV-DO Revision B.

   CDMA2000-1X adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan generasi layanan mobile canggih yang menyediakan komunikasi suara dan data berkecepatan tinggi konektivitas, termasuk akses ke Internet, aplikasi data mobile dan konten multimedia yang memliki kecepatan download sekitar 153 Kpbs

EVDO yaitu singkatan dari Evolution Data Optimized yaitu teknologi dari jaringan CDMA yang terdiri dari 

    EV-DO Rev 0 (Evolution-Data Optimized) memperkenalkan kecepatan tinggi baru packet-switched teknik transmisi yang secara khusus dirancang dan dioptimalkan untuk data-centric jaringan broadband yang dapat memberikan kecepatan data puncak melampaui 2 Mbps dalam lingkungan mobile.

    EV-DO Rev A adalah suatu evolusi dari EV-DO Rev 0 yang meningkatkan tingkat puncak pada maju mundur dan link untuk mendukung wide-variety of symmetric, delay-sensitif, real-time, dan secara bersamaan suara dan aplikasi data broadband. Dengan kecepatan uplink lebih simetris memungkinkan pengguna untuk mengirim file besar, email dengan lampiran, resolusi tinggi foto dan video pribadi dari perangkat mobile mereka, dengan kecepatan download sekitar 3.1 Mbps

    EV-DO Rev B merupakan langkah evolusi Rev A yang terdiri dari upgrade software yang menggabungkan beberapa EV-DO Rev A channel untuk memberikan kinerja yang lebih tinggi untuk pengiriman multimedia, bi-directional pengiriman data dan VoIP berbasis layanan bersamaan seperti VoIP, push-to-talk, video telephony, suara dan multimedia secara simultan, dan multiplayer online game.

   Sekalipun sudah diluncurkan layanan EVDO Rev B, bukan berarti teknologi generasi sebelumnya mereka tinggalkan. Smart Telecom tetap mengoperasionalkan teknologi EVDO Rev A. yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain menyediakan jaringan mobile broadband, Smart juga menyediakan berbagai device untuk menikmati akses internet berkecepatan tinggi.

 Sedangkan HSDPA  adalah feature yang diusung oleh GSM yang bersaing dengan feature dari CDMA.

   HSDPA adalah singkatan dari High Speed Downlink Packet Access Pebedaan antara UMTS dengan HSDPA adalah pada kecepatan yang bisa dicapai. Kalau 3G (dibaca Tri Ji) artinya mendukung kecepatanUMTS (Universal Mobile Telecommunications System ) yang hanya bisa maksimum 384kbps. Sedangkan HSDPA secara teori bisa mencapai 3.6Mbps (hampir 10 kali lipat kecepatan maksimal UMTS), HSDPA sering disebut 3,5G (teknologi tiga setengah G) untuk membedakan dari standard 3G sebelumnya. Kalo HSDPA adalah kecepatan dalam mendownload suatu file (High Speed Downlink Packet Access ), sedangkan Untuk HSUPA yaitu singkatan dari High Speed Upload Paket Access, yaitu kemampuan mengupload data dari komputer/laptop user ke internet. Contoh : kecepatan UPLOAD foto ke facebook, blog dan sebagainya.
   Teknolohi HSDPA memungkinkan adanya layanan video streaming, Internet akses yang cepat, dan konferensi video. HSDPA merupakan pengembangan dari jaringan W-CDMA yang sudah ada. Sebagai informasi, W-CDMA adalah nama teknologi GSM yang memungkinkan adanya teknologi 3G. Tujuan HSDPA, tak lain, adalah untuk meningkatkan kecepatan maksimal transfer data, kualitas pelayanan, dan efisiensi.
 Untuk kualitas dan kecepatan akses internet mana yg lebih baik dari Teknologi di atas? Jawabannya RELATIF. Karena sangat bergantung pada :
- Kepadatan pengguna pada daerah kita.
- Tangkapan signal di tempat kita
- Lokasi kita (apakah terhalang gedung , pohon dsb)
- Dan faktor dari operatornya itu sendiri


2 komentar:

  1. copas ya gan????tulisan yang atas ama bawah beda,yang bawah juga ada backgroung yang msh nempelll,,,kalau copas sertakan link sumber, sebelumnya mohon maaf,sesama blogger saling menghargai aja,

    BalasHapus